-->

Cari Blog Ini

Penyelenggaraan RO-RO Belum Berikan Kontribusi PAD Kota Dumai

Penyelenggaraan RO-RO Belum Berikan Kontribusi PAD Kota Dumai

DUMAI BARAT (LEPU)- Operasional kapal penumpang Roll on-roll of (Ro-Ro) penyeberangan umum di areal Pelabuhan Agro Bisnis yang terletak di Kelurahan Purnama Kota Dumai melayani jurusan ke Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis masih terus melakukan aktifitasnya.

Meski mempermudah layanan masyarakat yang melakukan penyeberangan laut, antar lintas pulau dan dari segi biaya karcis yang dikeluarkan ekonomis, Namun ternyata tidak memberikan pendapatan keuangan bagi Pemerintah Kota Dumai.  

" Belum memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) bagi Kota Dumai. Sementara untuk petugas yang berada di sana berasal dari Dinas Perhubungan Kota Dumai," ucap Bambang Sumantri,SH pada Jam 11:50 Wib Senin 09 Januari 2017.

Berbicara diruangan kerjanya, dihadapan para wartawan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai yang baru-baru ini dikukuhkan posisinya di struktural Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Dumai menjelaskan beberapa persoalan sehubungan dengan Ro-Ro.

Semenjak operasional tahun 2010 lalu memang sempat ada kesepakatan antara pihak Pemerintah Kota Dumai diwakili Dinas Perhubungan dengan Dinas Perhubungan Provinsi Riau. Hasil kesepakatan yakni Pemerintah Kota Dumai mendapat pembagian 40 persen dari hasil Retribusi dan 60 persen bagi Pemerintah Provinsi Riau.

" Sehingga pada suatu persoalan membuat kesepakatan dihentikan. Dan kita telah beberapa kali membuat surat ke Pemprov Riau agar Pemko Dumai mendapat kontribusinya sebagaimana sebelumnya. Ditindaklanjuti, namun belum ada Penyelesaiannya hingga kini," ucap Bambang Sumantri,SH.

Pantauan Penulis pada sekitar Jam 16:51 Wib dilokasi Dermaga Pelabuhan Penumpang Umum Ro-Ro, terlihat para penumpang bersama kendaraan roda dua dan beberapa muatan truk segera masuk kedalam Ro-Ro yang segera berangkat pada jadwal Jam 17:00 Wib. 

Sementara ironis dan sangat mengkhawatirkan bentuk layanan yang sudah baik diberikan petugas Dinas Perhubungan Kota Dumai, tidak dibarengi dengan kondisi Pos tempat penjualan tiket. Dimana hampir jelas terlihat dan menjadi pemandangan umum kondisi atap kios rusak parah seperti rumah yang tidak berpenghuni. 

" Begitulah jika Ro-Ro di Kota Dumai hanya sekedar numpang lewat," ucap Bang Choi warga setempat menanggapi keberadaan Ro-Ro dan kondisi bangunan yang ada disekitarnya. (*4).

Keterangan Foto: Terlihat Petugas Dinas Perhubungan Kota Dumai sedang melakukan pengawasan dan penunjukan tata tertib terhadap para Penumpang dan awak truk yang akan memasuki Ro-Ro, pada Jam 16:52 Wib Senin 09 Januari 2017. (Foto: Ramzi Lentera Putih-LEPU). 

Gallery Foto

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel