-->

Cari Blog Ini

Faisal : Bukti Kuatnya Kerjasama Arab Saudi dan RI

Faisal : Bukti Kuatnya Kerjasama Arab Saudi dan RI

 * Evakuasi WNI Akibat Perang Saudara Sudan 


LEPUNKRI.COM- Perang saudara di Sudan yang berawal dari kudeta hingga menyebabkan pertempuran meletus sejak Sabtu (15/4/2023) membuat berbagai negara berupaya menyelamatkan warganya yang berada di Sudan karena belum adanya titik terang perang akan berakhir hingga saat ini.

Tidak terkecuali upaya Evakuasi WNI dari Sudan melalui kerjasama Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia. Sebagaimana diutarakan oleh Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi.

Dia memastikan pihaknya terus membantu proses evakuasi WNI dari Sudan ke Jeddah. Dia menyebut proses evakuasi melalui jalur laut merupakan yang pertama kali dilakukan.

"Proses evakuasi ini bekerja sama dengan otoritas di ibu kota Khartoum, Sudan, yang memberikan fasilitas dan kemudahan secara aman untuk para warga negara asing dan warga negara Arab Saudi yang dipindahkan dari ibu kota Khartoum ke Jeddah," kata Faisal dalam konferensi pers di Kedubes Arab Saudi di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (27/4/2023).

"Dan proses evakuasi ini merupakan proses dari laut yang terbesar yang pernah kita lihat dan ini merupakan pertama kalinya proses ini yang sangat besar sekali dilakukan melalui jalur laut," imbuh dia.

Faisal menuturkan upaya evakuasi yang mengutamakan keselamatan terhadap WNI di Sudan ini menjadi prioritas pemerintah Arab Saudi. Menurutnya, perhatian pemerintahnya ini menjadi bukti kuatnya kerja sama Arab Saudi dengan RI dan menjadi berkomitmen untuk kerja sama ke depan.
Foto: Sebanyak 110 warga negara Indonesia (WNI) yang beberapa hari sempat terjebak dalam situasi perang saudara di Sudan berhasil dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi. (dok Dispenau).

Sementara itu Menlu Retno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (27/4) k8melaporkan sekitar 902 orang WNI yang telah terdaftar akan dipulangkan ke Indonesia dari Sudan dan dibagi ke dalam tiga tahap, antara lain adalah sebagai berikut.

- Tahap I, terdapat 393 orang WNI yang dijadwalkan tiba pada Jumat, 28 April 2023, pukul 05.30 WIB, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
- Tahap II, terdapat 393 orang WNI dijadwalkan tiba pada Sabtu, 30 April 2023, pukul 05.30 WIB, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma.
- Tahap III, terdapat 116 orang WNI dijadwalkan tiba pada Senin, 1 Mei 2023, pukul 05.30 WIB, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma.

Penulis/Editor:RAMZI.
Sumber:dtc/cnbc

Keterangan Poto:Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi (Foto: Firda Cynthia/detikcom)

0 Response to "Faisal : Bukti Kuatnya Kerjasama Arab Saudi dan RI"

Posting Komentar

Gallery Foto

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel