4 Cara Jitu Menghemat Baterai HP Android Tanpa Aplikasi

Banyak orang yang kebingungan dan mengeluhkan ponsel yang mereka miliki cepat boros daya baterainya atau terlalu cepat habis. Hal seperti itu sangat menyebalkan untuk pengguna android dan apalagi saya juga pengguna android yang selalu aktif menggunakan smartphone saya tentu saja sangat kesal dengan hal seperti itu.

Baterai yang cepat habis atau boros tentunya sangat mengganggu bagia para pengguna android bahkan aktifitas mereka yang menggunakan smartphone android menjadi terganggu. Nah, yang paliang parah nih buat pengguna game atau gamer yang mana smartphonenya sudah menjadi kebutuhan pokok untuk bermain game. Pasti rasanya kesal banget saat seru-serunya nge-push rank eh ternyata baterainya habis, gak kebayang tuh gimana sebelnya.

Dan tidak sedikit dari kita masih banyak yang kebingungan mencari solusi untuk menghemat baterai android kita dan banyak orang dengan hal seperti itu hanya bisa mengeluh saja. Maka dari itu saya akan berbagi pengalaman dan tips cara menghemat baterai hp android yang super boros agar nanti saat di gunakan bisa lebih awet dan tahan lama bahkan tidak perlu memakai aplikasi tambahan apapun untuk menghemat baterai. Nah , sebelum saya kasih tau tips menghemat bateri android ini, sobat harus pahami dulu apa penyebab baterai hp jadi boros nih, simak berikut ini yah.

Penyebab mengapa baterai android cepat habis

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa mempengaruhi tahan lamanya baterai pada hp android, pasti selalu ada sebab akibat yang di timbulkan yang nantinya berimbas pada baterai hp android yang cepat habis. Nah, berikut ini adalah hal yang umumnya menyebabkan baterai hp android cepat habis.

1. Sering Me-Restart / Menghidupkan Ulang HP android

Hal yang pertama yang sering menghabiskan daya baterai adalah terlalu sering merestart hp android. Lho kok bisa begitu? Nah, tahukah sobat bahwa saat restart hp android ternyata juga sangat berpengaruh terhadap pengunaan daya baterai, hal ini di sebabkan karena ketika restart hp perangkat smartphone akan membutuhkan daya baterai yang sangat besar untuk menghentikan aplikasi saat di matikan dan juga menjalankan ulang aplikasi yang berhenti saat di matikan. Inilah yang jadi salah satu factor hp android cepat habis, jadi sobat jangan sering sering merestart hp yah.

2. Hp Di Nyalakan Terlalu Lama

Hal yang kedua ini adalah juga menjadi salah satu faktor utama penyebab baterai hp android cepat habis dan juga bikin boros. Maka tak heran lagi jika kita sering mengalami yang namanya baterai cepat habis, baterai boros, baterai gak tahan lama dan sebagainya. Hal seperti itu memang menyebalkan bagi kita, apalagi kita sedang asik-asiknya mengoperasikan hp android untuk aktifitas tertentu. Apalagi hp android menyala dengan dengan keadaan kecerahan paling tinggi tentunya hal seperti itu membuat baterai hp menjadi sangat boros.

3. HP Android Sudah Di ROOT

Nah, mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang kebenaran hal ini, smartphone yang telah di root ternyata akan lebih memakan penggunaan daya baterai yang lebih banyak. Nah, biasanya nih, ketika smartphone yang sudah di root dan sistemnya sudah di otak atik, tentunya perangkat smartphone akan di tuntut untuk lebih bekerja keras lagi yang dampaknya juga cepat habisnya baterai android. Nah maka dari itu jangan asal main root hp yah, ketahui dulu dampaknya yang terjadi pada hp kalian.

4. Pengunaan Multimedia yang terlalu sering

Maksutnya bagaimana penggunaan multimedia yang yang terlalu sering? Nah, artinya baterai android cepat habis adalah karena terlalu sering menggunakan multimedia, walau tidak sering tapi kalua pengunaan multimedia dalam jangka waktu yang lama juga mengakibatkan baterai cepat habis, misalnya adalah pemutar musik, video, kamera, perekam video, perekam suara dan masih banyk lagi. Nah, tahukah kalian bahwa pengunaan multimedia dengan waktu yang lama bisa menguras daya baterai 30% sampai 70%. Seperti pengalaman saya ketika menggunakan pemutar musik yang awalnya bisa tahan berjam-jam tetapi karena saya pakai untuk memutar musih hanya tahan beberapa jam saja, tentu saja ini menandakan multimedia adalah juga faktor besar dalam pemborosan baterai.

Cara Mengatasi Baterai HP Android Cepat Habis Tanpa Aplikasi


Berhubung kita sudah tau penyebabnya maka kita akan melakukan pencegahan agar baterai kita tidak mudah habis, dan tips ampuh yang akan saya bagikan ini tidak menggunakan bantuan aplikasi apapun, berikut caranya.

1. Kurangi Penggunaan Cahaya Layar Pada Smartphone

Penggunaan hp android dengan mode kecerahan layar yang tinggi atau terlalu terang/kontras ini akan berakibat pada cepat terkurasnya baterai hp kita. Maka untuk menjadikan baterai tahan lama gunakan kecerahan layar yang tidak begitu terang atau agak gelap saja. Cara ini sangat berpengaruh pada daya tahan lamanya baterai.

2. Menutup Aplikasi Berjalan Di Belakang Layar

Nah kebanyakan orang yang menggunakan hp android sering lupa bahwa dirinya telah banyak membuka aplikasi dan hanya menutupnya menggunakan tombol home. Sehingga aplikasi yang telah di buka tadi menumpuk di belakang layar. Hal inilah yang menjadikan sistem bekerja dengan berat sehingga juga baterai yang di gunakan lebih cepat terkuras habis. Maka dari itu silahkan kalian klik tombol recent di hp biasanya berada di samping tombol home/kembali kemudian hapus semua aplikasi yang telah di buka sbelumnya. Lakukan penghapusan setiap 2 jam sekali atau 3jam sekali di jamin baterai kalian akan lebih awet.

3. Mengubah Wallpaper menjadi Warna Gelap

Memang kelihatannya remeh banget, memilih wallpaper dengan warna yang gelap. Tetapi banyak orang yang tidak tahu akan kebenaran hal ini, menjadikan wallpaper hp android dengan warna yang gelap akan lebih menghemat baterai, hal itu di sebabkan karena cahaya yang di keluarkan tidak terlalu cerah sehingga meringankan kinerja baterai.

4. Menghapus aplikasi yang tidak terpakai

Ini metode paling mudah yang bisa di terapkan di hp android kalian, hanya dengan meng-uninstal aplikasi yang tak terpakai baterai hp akan menjadi semakin awet dan tahan lama. Aplikasi-aplikasi yang tidak penting silahkan kalian hapus dan kalian akan merasakan tahan lamanya baterai hp android kalian.


Oke sobat, mungkin cukup sekian dulu tutorial yang dapat saya bagikan mengenai cara menghemat baterai yang boros, jika kalian memiliki keluhan atau pertanyaan mengenai artikel ini, maka kalian bisa kirimkan pertanyaan kalian lewat kolom komentar di bawah yang sudah di sediakan. Selamat mencoba tips ini dan semoga berhasil untuk menghemat baterai hp android yang tadinya boros dan cepat habis menjadi awet dan tahan lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel