-->

Cari Blog Ini

Pemiliharaan Rutin Oleh Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Terbukti Tanggani Banjir

Pemiliharaan Rutin Oleh Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Terbukti Tanggani Banjir


Rimba Sekampung (DUMAI) - Pemeliharaan rutin terhadap jalan, drainase dan jembatan/box cover yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Dumai melalui Bidang Cipta Karya di areal Kelurahan Rimba Sekampung Kecamatan Dumai Kota telah terbukti mampu menanggani persoalan banjir yang menjadi momok bagi masyarakat sekitar.

Petugas dan jajaran Bidang Cipta Karya dalam hal pemeliharaan jalan dan jembatan ini, seperti terlihat di Jalan Cempedak sekitarnya mendapat dukungan sebagaimana pengajuan disampaikan oleh Sofian Ketua RT.10 bersama warga sekitar kemudian di sambut baik oleh Suaidi Kepala Kelurahan Rimba Sekampung serta Tanwir Azhar Effendi Kepala Camat Dumai Kota ikut pula turun langsung melakukan geladi bersih.

Dapat di maklumi karena Drs. H. Zulkifli As,M.Si Walikota Dumai dan H. Eko Suharjo Suparto,SE Wakil Walikota Dumai sangat peduli terhadap persoalan banjir ini dan di areal sekitar ini sebelumnya dan areal rawan banjir lainnya, mereka bahkan turun kelapangan untuk meninjau dan ikut langsung melakukan gotong royong.  

Pemeliharaan rutin oleh Petugas dan jajaran Bidang Cipta Karya dimana drainase yang selama ini tersumbat menjadi persoalan utamanya telah di gali. Alhasil, baru-baru ini ketika datangnya hujan lebat maupun pasang Keeling, aliran air yang selama ini tidak mengalir sebagaimana mestinya telah teratasi.

Sebelumnya drainase sekitar Jalan Cempedak yang menghubungkan drainase lainnya di Gang Kandis dan Gang Apel tersumbat, sehingga aliran drainase air di Jalan Mangga tidak berjalan dan menjadikan areal ini rawan terhadap banjir.

Pemandangan saat ini pada jalan, drainase dan jembatan/box cover yang telah dilakukan pemeliharaan oleh Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Dumai mulai terlihat penataan yang apik. Meski masih dalam tahap pemeliharaan, namun masyarakat yang melalui areal ini dapat menjadi lega akibat mulai bebas banjir.

Program Kotaku juga mendukung mulai bebas banjirnya areal Kelurahan Rimba Sekampung di Jalan Semangka, Jalan Belimbing dan jalan berdekatan lainnya.

Meski begitu, persoalan sumbatan pada drainase yang berhasil dilakukan dengan alat berat ini bukan berarti membuat genangan air tidak terlihat. Sebagaimana di Gang Sukun yang telah dilakukan perbaikan box cover, perlu juga dilakukan peninggian jalan karena memang kondisi ketinggian dataran jalan masuknya berada sama tinggi dengan permukaan air pada drainase nya. 

Begitu juga yang terlihat di Jalan Semangka berhampiran Jalan Cempedak, dimana genangan ketinggian air ketika hujan dan pasang Keeling masih menutupi jalan berjarak sekitar 50 meter berdekatan menuju areal sekolah dasar yang berada disana. (*4).

Keterangan Poto : Pengalian drainase tersumbat di Jalan Cempedak yang dilakukan petugas Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Dumai sebagai Pekerjaan Pemeliharaan Rutin Jalan, Drainase dan Jembatan yang ada di Kota Dumai, Provinsi Riau (Poto: Ramzi Lentera Putih-LEPU).  
     

Gallery Foto

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel